1

Berikut Syarat Serta Cara Mendaftar Penerima Bantuan Modal Usaha Dari Kementerian Sosial

OSDAILY-Jika terlebih dahulu ada BLT UMKM program bantuan tunai, maka pada tahun 2021 pemerintah akan meninjau kembali bansos melalui Kemensos agar dapat difungsikan, agar tidak terus menerus bergantung pada aset bansos dari badan publik.

Untuk itu, Kementerian Sosial telah membentuk program bantuan permodalan rintisan yang akan ditawarkan kepada keluarga penerima manfaat Program KPM PKH. Bantuan permodalan komersial ini akan menargetkan tujuan yang jelas, khususnya lulusan KPM PKH atau lulusan PKH yang memiliki perusahaan usaha baru yang sebagian besar terdiri dari dua konglomerat, yaitu Mandiri dan Swasta.

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Daftar Agar Menerima Program Keluarga Harapan (PKH) 2021

Yang dimaksud dengan program “wisuda mandiri yang berkembang” adalah keluarga penerima (KPM) peserta Program Bantuan Sosial PKH, namun sengaja menyerahkan diri karena dianggap dibekali untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Sementara itu, kelulusan wajar disarankan bagi keluarga yang dianggap tidak layak untuk mendapatkan bantuan sosial, misalnya anak-anak dalam keluarga tersebut sudah putus sekolah atau sebagian besar keluarga sekarang dibayar lebih dari segregasi masyarakat miskin yang biasa.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Siswa Sekolah! Pemerintah Bakal Membagikan Dana BLT, Silahkan Baca Cara Dan Syarat Pendaftarannya Berikut Ini!

Dalam pengaturannya, Kemensos akan menempatkan 10.000 KPM Lulusan PKH yang sudah memulai usaha sejak terkena dampak pandemi Covid-19. Mukhtar PKH Graduasi KPM akan mendapatkan bantuan dan BANSOS INSENTIF Modal Usaha Rp 3,5 juta per kepala keluarga dengan tujuan agar mereka dapat membangun usahanya.

BACA JUGA: Program Kartu Pra Kerja  Akan Kembali Dibuka, Silahkan Cek Persyaratanya Disini….

Yang dimaksud dengan pemilihan keluarga penerima (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) adalah individu yang masih dalam klasifikasi miskin dan rentan, namun tamat karena ketidaksesuaian beberapa bagian.

Cara paling efektif untuk memverifikasi penerima manfaat adalah Bantuan Modal Usaha PKH KPM sebesar Rp 3,5 juta

Baca Juga: Ada Bantuan Sosial Tunai Rp. 500Rb Dari Pemerintah Untuk Yang Tidak Mendapatkan PKH. Simak caranya Di Sini

Pada tahap ini, bagaimana cara mengetahui status dan kondisi penerima bantuan BLT KPM PKH sebesar Rp 3,5 juta? Padahal, berikut cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh data penerima bantuan modal komersial bagi lulusan KPM PKH, seperti dikutip dari dtks.kemensos.go.id (Klik Disini) :

2

Baca Juga: BRI Kembali Menyalurkan Dana Bantuan PIP Bagi Anak Sekolah, Cek Besarannya Berikut Ini..

  1. Langkah pertama adalah membuka program dan pergi ke dtks.kemensos.go.id.
  2. Selanjutnya pilih ID Pos yang ideal (NIK, DTKS / BDT ID, Kartu Pangan Pokok / BPNT, Nomor Peserta PKH, Nomor PBI JK / KIS). Gunakan NIK untuk mempermudah masalah.
  3. Masukkan nama yang koordinat KTP Anda dan masukkan kode tes manusia manual yang muncul.
  4. Pilih “Search” dan konfirmasi akan muncul jika ID yang Anda masukkan sudah termasuk dalam DTKS.

Baca Juga: Ibu Hamil dan Balita Bakal Dapat Bantuan Senilai 6 Juta! Begini Caranya..

Penerima bantuan modal komersial dari Kemensos akan segera dicairkan dalam pencatatannya, jika penerima tidak memiliki buku besar maka akan ditransfer melalui PT Pos Indonesia.

Persyaratan dasar memperoleh bantuan sosial modal usaha KPM PKH dari Kementerian Sosial

Berikut adalah persyaratan dasar yang harus dipenuhi untuk memperoleh bantuan modal usaha usaha KPM PKH, khususnya:

Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Gratis Rp. 3,5 Juta Dari Kementrian Sosial. Daftar Segera..

  1. Miskin atau tidak berdaya melawan keinginan.
  2. Orang-orang dari KPM PKH yang diperiksa.
  3. Memiliki bisnis.

Jika calon penerima bantuan modal usaha lolos seleksi, mereka akan dididik oleh pendamping PKH. Strategi penyaluran dukungan modal komersial juga akan dikelola oleh pendamping PKH di tingkat kecamatan. Jenis organisasi yang mendapatkan penghargaan berupa bantuan modal usaha KPM PKH sebesar Rp 3,5 juta adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Bantuan Tunai RP 300 Ribu Dicairkan Oleh PT POS Indonesia, Jangan Lupa Baca Cara Dan Persyaratannya Berikut Ini!

  • Toko kelontong
  • Memasak
  • Pedagang
  • Penjahit
  • Bertani
  • Selai

Menyusul penerimaan bansos untuk KPM PKH Proyek Usaha Sosial senilai Rp 3,5 juta, warga tersebut akan dibantu langsung oleh fasilitator PKH yang mampu membantu menjaga usaha sendiri-sendiri. Seorang fasilitator pekerja sosial distrik (TKSK) mengikuti program bisnis sosial ini.

 

Baca Juga   5 Rekomendasi Windows Gaming Tablet tahun 2021 Terbaru

Sumber: www.teknobgt.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *