SSD VPS Server

6 Perbedaan SSD VPS Server VS HDD VPS Server

Perbedaan SSD VPS Server VS HDD VPS Server- Sebelum kita masuk pada pembahasan inti mengenai perbedaan antara SSD VPS  Server dengan HDD VPS Server, penting untuk kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari masing-masing fitur penyimpanan data ini, agar nanti kita bisa menarik kesimpulan mana fitur VPS yang bagus untuk kebutuhan pekerjaan yang sobat lakukan. SSD VPS server atau HDD VPS server?

Pengertian SSD VPS Server Dan HDD VPS Server:

Baca Juga: Ini Trik Trading Santai Profit Konsisten, Patut Dicoba!

1. HDD VPS Server 

Harddisk Drive (HDD) adalah sebuah teknologi penyimpanan data yang sudah lama berkembang di dunia, dan pada pada saat sekarang ini sangat banyak pelaku teknologi menggunakan teknologi ini untuk melengkapi perangkat yang lebih kompleks demi menyempurnakan kinerja dari perangkat tersebut.

Salah satunya adalah pada perangkat Virtual Private Server (VPS). VPS berfungsi sebagai alat atau perangkat yang bertujuan untuk membantu agar  keseluruhan resource web hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain atau disebut dengan privat.

jadi kesimpulanya adalah HDD VPS server adalah sebuah perangkat VPS Server yang menggunakan teknologi HDD dalam penyimpanan data perangkatnya.

2. SSD VPS Server

Solid State Drive (SSD) merupakan teknologi penyimpanan data terbaru yang ada pada saat sekarang ini dengan keunggulan dari teknologi ini adalah hanya terdiri dari Micro Chip, Integrated Circuit (IC), serta sejumlah komponen elektronik seperti kapasitor sebagai penyimpan arus dan tegangan, sehingga membuat laptop maupun komputer sobat bakal memiliki kecepatan booting yang lebih ngebut, akses pencarian file yang lebih mudah, serta terhindar dari potensi kehilangan data akibat goncangan ketika perangkat dibawa berpergian dan keuntungan ini akan selaras jika teknologi ini dipakai juga pada perangkat SSD VPS Server.

Dari sekian penjelasan diatas dapat kita simpulkan jika server VPS dirancang dengan teknologi penyimpanan SSD atau SSD VPS server maka semua keuntungan dan fitur yang dijelaskan tentunya akan membuat VPS anda lebih baik dalam mendukung pekerjaan sobat.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian lengkap bagaimana perbedaan kedua VPS tersebut, Baik SSD VPS server ataupun HDD VPS Server, maka secara jelas tentunya kita sudah mengantongi sedikit banyaknya informasi mengenai kedua VPS ini kan sob, jadi mari kita simpulkan dengan jelas perbedaan kedua teknologi pada VPS server ini sob :

1. Cara kerja

Dari cara kerja dapat kita simpulkan, Hard Disk (HDD) yang selama ini kita gunakan memanfaatkan perpaduan antara sistem mekanik dan elektrik sebagai komponen untuk dapat bekerja,

sedangkan Solid State Drive (SSD) menggunakan sistem full-elektrik tanpa adanya komponen yang bergerak ketika proses penulisan maupun pembacaan data. bisa dikatakan, cara kerja SSD mirip seperti proses transfer data yang biasa kita temukan di microSD, RAM, atau USB Flashdisk. Sedangkan cara kerja HDD lebih menyerupai Floppy Disk (disket) sob. dan tentunya Kedua Komponen ini ada pada kedua server, baik SSD VPS server maupun HDD VPS Server 

Baca Juga: 5 Stratergi Trading Intraday Forex Paling Tepat!

Baca Juga   5 Kelebihan Fully Managed VPS

2. Performa

Mengenai kecepatan dalam urusan baca dan tulis data, Solid State Drive (SSD) lebih bisa diandalkan karena mampu unggul hingga delapan kali lipat dari kecepatan baca dan tulis pada teknologi yang dimiliki HDD. Bahkan, sektor kecepatan bisa dibilang menjadi faktor paling krusial, sehingga membuat pengguna mau beralih dari HDD ke SSD dengan senang hati dikarenakan teknologi yang lebih mutakhir, meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. 

3. Dimensi

Perbedaan berikutnya bisa dilihat dari segi ukuran dan bentuk (Dimensi), dimana HDD memiliki dimensi lebih besar daripada SSD. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki media penyimpanan yang lebih ringkas sekaligus berperforma tinggi Solid State Drive (SSD) bisa menjadi jawaban yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan Anda.

untuk penampakanya Pada ukuran VPSnya sendiri tidak terlalu berbeda dikarenakan casing pada VPS didesain lebih cenderung sama besar, baik  itu pada SSD VPS Server ataupun HDD VPS Server.

4. Unsur komponen Pembentuk

Ditinjau dari unsur pembentuk. Harddisk (HDD) didalamnya terdiri dari motor penggerak serta piringan cakram yang berputar ketika digunakan, Solid State Drive (SSD) hanya terdiri dari Micro Chip, Integrated Circuit (IC), serta sejumlah komponen elektronik seperti kapasitor sebagai penyimpan arus dan tegangan. inilah yang membuat SSD VPS server lebih efektif dibandingkan HDD VPS server.

5. Fragmentasi 

Fragmentasi merupakan suatu ruang kosong di dalam media penyimpanan yang ditimbulkan akibat adanya penghapusan atau perubahan data. Pada awalnya, proses pengisian file di dalam harddisk sendiri otomatis akan tersusun rapi dan saling berurutan, namun seiring waktu berjalan susunan file tersebut akan menjadi berantakan akibat adanya perubahan, dan jika kondisi di atas terus menerus terjadi akibatnya performa HDD akan semakin menurun. Hal tersebut tidak akan pernah terjadi jika di Solid State Drive (SSD) karena seluruh data sudah disimpan ke dalam Chip Flash.

6. Harga

dari segi harga sudah bisa kita tebak penyimpanan SSD lebih mahal daripada HDD, bahkan rata rata untuk  perbandingan harga antara SSD dengan HDD bisa mencapai 4 kali lipat loh sobat.

pada perangkat VPS server keduanya juga memiliki harga yang berbeda, tapi tidak terlalu jomplang. secara fitur SSD VPS Server selalu lebih mahal dibanding HDD VPS Server.

Jadi kesimpulan dari pemaparan diatas sudah jelas untuk performa SSD VPS Server lebih menjanjikan daripada HDD VPS Server, akan tetapi untuk pemilihan VPS sendiri sebagai bahan pertimbangan maka tinjaulah dari performa yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan agar sobat tidak perlu lagi sering-sering mengganti VPS server untuk demi mendapatkan hasil yang maksimal. Tentu setiap fitur yang ditawarkan mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *