VPS Linux

Inilah 7 Perbedaan VPS Linux Vs Windows!

Osdaily.Info, Inilah 7 Perbedaan VPS Linux Vs Windows!- Halo sobat pengguna VPS indonesia, masih banyak nih yang bingung perihal mau pake VPS windows atau VPS Linux, sebenarnya tergantung sobat nih nyamannya pakai sistem operasi yang mana, ada yang senang dan faham make Sistem Operasi windows di Komputer/Laptopnya, dan disisi lain walaupun Linux lebih sedikit dipakai oleh pengguna komputer/laptop di indonesia akan tetapi user Linux juga lumayan banyak loh sob.

Maka dari itu sebelum sobat memutuskan untuk beli VPS ketahui dulu nih sob, sobat pake sistem operasi Windows atau Linux nih biar tidak salah pilih dan pakai lagi sob. sebenarnya kedua OS ini tentunya menawarkan fitur-fitur terbaiknya masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing juga sob. Selektif saja berdasarkan kebutuhan kita masing-masing sob.

Pada saat Sekarang ini VPS atau Virtual Private Server seketika menjadi trending dimana-mana seiring dengan trendingnya perubahan tren pekerjaan manusia yang saat ini lebih banyak berbasis pada teknologi seperti Investasi Online, trading, mining, digital marketing, dan lain sebagainya. bagaimana tidak, VPS sendiri menawarkan beberapa fitur yang dapat memanjakan penggunanya.

Secara garis besar VPS berfungsi untuk membagi sumber daya menjadi beberapa virtual server dengan banyak pengguna yang bisa di instal. VPS sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dari web hosting. Karena bisa menambahkan sistem operasi sendiri sekaligus menambahkan beberapa software sesuai dengan kebutuhan. Mengenai harga, layanan VPS ini juga berbeda dari hosting pada umumnya.

Baca Juga   5 Kelebihan Fully Managed VPS

Hal ini disebabkan karena para penyewa VPS akan mendapatkan fasilitas dan juga fitur yang berperforma tinggi. Jika dilihat dari kebutuhan, VPS merupakan salah satu opsi terbaik bagi pengguna yang ingin memperoleh resource, space dan juga komputasi lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan shared hosting.

Tidak hanya itu, dengan menyewa paket VPS murah. Tentu saja otomatis anda akan memiliki akses privat untuk menunjang kebutuhan dasar dari segi sistem operasi. Akses kecepatan bahkan hingga fleksibilitas dalam hal Perawatan (maintenance).

Pada saat ini seperti yang kita ketahui, kita ambil saja dua contoh pekerjaan yaitu trading dan mining adalah dua pekerjaan yang sering menggunakan VPS di karenakan VPS berguna untuk mengoptimalisasikan dua pekerjaan tersebut.

Oke sob, tanpa berbasa basi nih mari kita bahas apa saja perbedaan VPS windows dan VPS Linux ini, sembari menentukan mana VPS yang cocok yang sesuai dengan dua sistem operasi ini sebelum sobat menggunakannya :

Berikut 7 Perbedaan VPS Linux Vs Windows:

1. Performa

Dilihat dari performa VPS linux lebih gesit daripada VPS windows apalagi pada saat traffic tinggi. dan juga untuk VPS windows lebih cenderung memakan lebih banyak sumber daya Sehingga harus melakukan berbagai proses booting berulang kali. Kita perlu melakukan boot setiap kali ada perbaikan (Maintenance), Pembaharuan driver maupun perangkat lunak.

Baca Juga   9 Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting, Wajib Kamu Tahu!

Sedangkan untuk VPS Linux sendiri kurang haus akan sumber daya (Resource). Sehingga kita tidak perlu lagi boot ulang secara berkala ketika bebannya tinggi atau setiap ada upgrade. Semua itu karena VPS Linux sendiri sudah dirancang khusus.

2. Keamanan

Pada saat sekarang ini sangat banyak ancaman bagi pengguna dalam pengoperasian aplikasi-aplikasi, website, dan lain-lain. ancaman tersebut seperti serangan virus/malware, serangan DDos, sehingga menyebabkan kehilangan file-file penting yang sobat punya. Mengantisipasi dari ancaman tadi maka sangat perlu pengamanan khusus untuk OS ataupun VPS kita sob.

Dalam hal ini VPS windows ini dianggap cukup aman apabila diatur dengan pengaturan yang tepat. dan Pada VPS Windows sendiri kita diizinkan untuk menyembunyikan file dari administrator.

Sedangkan untuk VPS Linux memiliki sistem operasi berbasis UNIX. Sehingga menawarkan keamanan yang lebih baik terhadap virus, spyware, malware dan masih banyak lagi jenis virus lainnya. VPS Linux juga dianggap lebih aman. Akan tetapi semua itu juga tergantung dengan pengaturan pada layanan jasa perusahaan hosting yang dipilih dari VPS Linux tersebut.

3. Kompatibilitas

Karena perbedaan sistem operasi, maka akan ada perbedaan dari platform virtual. tidak hanya itu, bahkan hingga bahasa pemrograman dan kerangka basis data yang ada.

Baca Juga   6 Perbedaan SSD VPS Server VS HDD VPS Server

 4. Server Access

Windows diberikan akses FTP akan tetapi tidak dengan akses SSH yang disediakan untuk VPS Windows. Sedangkan VPS Linux sendiri dapat mengakses FTP dan akses SSH.

5. Kemudahan Penggunaan / User Interface

Sebenarnya untuk pada kasus ini perbedaan VPS Windows & VPS Linux Indonesia tergantung pada apakah sobat mengerti teknis dan pembiasaan dari masing-masing sistem operasi ini.

6. Control Panel

Perbedaan selanjutnya antara VPS Windows & VPS Linux Indonesia adalah pada bagian Control Panel. Control panel ini digunakan untuk mengatur dan mengontror fitur yang ada pada komputer atau website sobat. Windows menggunakan Plesk dan Linux menggunakan cPanel.

 7. Biaya/Harga

VPS Windows & VPS Linux Indonesia sangat berbeda dari segi harganya. Untuk harga Linux sendiri lebih murah dibandingkan dengan Windows. Hal ini disebabkan karena Linux merupakan platform yang open source. Dimana tidak membutuhkan membayar lisensi.

Sementara untuk Windows sendiri merupakan perangkat lunak yang dimiliki oleh Microsoft. Sehingga pengguna harus membayar biaya lisensi yang biasanya termasuk dengan harga VPS itu sendiri.

Okelah sobat, itulah beberapa perbedaan antara VPS Linux dan VPS Windows, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal sobat lebih selektif lagi memilih yang mana VPS yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau aktivitas bisnis yang sobat kelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *