Cartridge Printer

Yuk, Mengenal 3 Jenis Cartridge Printer

Osdaily.Info, Cartridge Printer- Hallo sahabat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputaran tentang cartridge printer yaa. Seberapa pentingnya alat ini, dan bagaimana cara penggunaan yang baik dan bener sangat diperlukan agar printer kamu. tetap tahan lama.

Cartridge adalah sebuah benda yang menempel pada printer.  Tanpa adanya cartridge pada rinter fungsinya akan berjalan secara tidak normal. Karena fungsi cartridge printer itu sendiri adalah untuk menampung tinta yang nanti akan dialirkan ke head kemudia terjadilah percetakan.

Cartridge printer adalah komponen penting dalam sebuah printer inject. Penggunaanya dapat diganti ataupun dilepas. Fungsi dari cartridge printer adalah sebagai  tempat penampungan tinta dari dalam printer yang digunakan. Cartridge setiap merek berbeda-beda cara letaknya.  Seeprti Epson yang memiliki cartridge terpisah dari head printer.

Teknologi yang digunakan untuk setiap merek  cartridge berbeda-beda. seperti  printer Epson dengan teknologi piezoelectic untuk setiap proses percetakkan. Contoh printer Epson mampu menggunakan teknologi Micro Peizo. Yaitu dengan mennggunakan crsistal khusus dalam setiap proses primya dengan ukuran yang ang sangat baik.

Cara kerja cristlal printer  ini adalah dalam aplikasinya cartridge akan berubah bentuk alhasil memaksa tinta megnhasilkan tetesan tinta yang lebih kecil dan tingat kerapatan tinggi dari tiap tetesanya. Begitu juga dengan printer epson menghasilkan warna, bentuk yang lebih bagus dan cocok untuk digital printing dan cetak foto.

Berikut ini jenis-jenis cartridge printer yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan keputusan pembelian, diantaranya:

  1. Dilihat dari sisi manufakturnya

Jenis cartridge ini dikeluarkan langsung oleh manufaktur engine printer. Ciri utamanya adalah  bersegel resmi oleh manufaktur. Harga yang ditawarkan stabil berkisar antara 0.25 s/d 0.2 dari harga printer barunya. Dan kualitas yang diberikan juga stabil.

Baca Juga   Asus Meluncurkan Laptop ZenBook Dilengkapi Prosesor Intel Generasi Ke-11

Jenis cartridge ini diproduksi oleh manufaktur pihak ketiga diluar industri OEM. Dari segi fisik tidak terlihat perbedaan dengan cartridge orisinal namun dari fiturnya menggunakan teknologi smartschip. Semakain bagus manufaktur dari cartridge maka akan mempengaruhi kesamaan dengan OEMnya.

  1. Dilihat dari jenis peluru Cartridge

Cartridge printer yang memiliki merek perusahaan yang melekat padanya. Jenis peluru yang digunakan oleh produsen printer biasanya mahal.

Jenis cartridge ini dibuat dari pembaruan tinta cartridge. Harga yang ditawarkan cartridge jenis ini lebih murah dibanding jenis lainnya.

Jenis cartridge ini kompatible dengan semua model printer yang ada di pasar. Dibuat oleh vendor pihak ketiga. Cartridge kompatible disukai oleh bisnis skala besar agar lebih kompatibilitas dan biaya yang efektif.

  1. Dilihat dari sisi proses Cartridge eks original (recycle)

Jenis cartridge ini adalah proses daur ulang dari cartridge original dengan penggantian beberapa sparepart cartridge. Program recycle digalakkan pihak manufaktur untuk program kyoto mengenai isu global warming. Dengan mericycle kembali cartridge printer lama dengan cara mengembalikannya apabila telah habis digunakan. Kemudian pelanggan akan diberikan cartridge printer baru dengan tambahan biaya yang relatif murah.

Jenis cartridge ini berasal dari proses recycle cartridge original (OEM) tanpa adanya pergantian sparepart. Lalu ada proses cleaning agar perfoema sparepart yang telah habis kembali pada kondisi sebelumnya. Dari sisi kualitas, cartridge jenis ini setingkat lebih bagus daripada refill biasa.

Cartridge jenis ini berasal dari proses daur ulang cartridge original (OEM) tanpa melalukan pergantian spare part dan tanpa adanya proses cleaning sparepart. Proses isi ulang bahan baku cetak yang telah habis dilakukan pada cycle sebelumnya. Pengerjaannya sangat cepat namun kualitas dari jenis aksesoris printer ini sering terabaikan.

Baca Juga   APPLE MACBOOK PRO 2021 DI DISIGN TIDAK MEMPUNYAI TOUCH BAR?

Perlu kita ketahui bahwa cartridge dengan jenis dan merek apaun itu tentunya memiliki batasan penggunaan tinta dan jumlah halaman print yang akan dicetak. Seperti halnya cartridge canon, epson dan hp sangat  mengandalkan pencetakkan menggunakan cartridge.

Penggunaan cartridge perlu dirawat dan dijaga agar fungsinya dapat berjalan dengan optimal. Jika mengalami kerusakan maka proses percetakan akan terganggu bahkan terhenti. Dan kualitas print yang dihasilkan juga akan buruk dengan durasi waktu yang lama. Tentunya hal-hal seperti ini dapat menghambat pekerjaan kita smua. Oleh karena itu perlunya pengetahuan tentang tanda-tanda cartridge yang mengalami kerusakan perlu kita pahami agar masalah dapat terminimalisir.

Berikut ini adalah tanda-tanda cartridge printer rusak yang perlu user ketahui:

  1. Hasil cetak yang terputus-putus

Hasil cetak yang terputus-putus atau bergaris menandakan bahwa cartridge kita mulai mengalami kerusakan. Penyebeb hasil cetak yang terputus-putus adalah karena tinta yang tidak keluar, kering, ataupun bergumpal. Sehingga saluran tinta tidak berjalan dengan semestinya. Namun terkadang hal ini juga dapat disebabkan oleh masalah lain.

  1. Cartridge Printer sering tidak terbaca

Masalah ini terjadi biasanya ketika kamu menggunakan printer dalam kondisi normal namun tibba-tiba ada pemberitahuan bahwa cartridge tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Hal ini perlu diwaspadai karena menandakan bahwa cartridge printer yang digunakan sudah lemah.

Oleh karena itu perlu dilakukan penggantian cartridge yang baru. Namun sebelum dilakukan penggantian kamu bisa membersihkan bagian chipnya terlebih dahulu dengan tisu secara perlahan.

  1. Hasil cetak yang tidak penuh
Baca Juga   PEMBARUAN WINDOWS 10 21H2 MEMBAWA PERUBAHAN VISUAL YANG SERIUS!!

Ketika kamu sedang mencetak dokumen kamu namun hasil cetakkannya tidak secara penuh dihasilkan. Bisa sepertiga atau setengah halamn saja, masih ada bagian dukumen yang tidak tercetak. Hal tersebut menandakan bahwa cartidge kamu sedang rusak. Hal ini  biasanya disebabkan karena cartridge sudah menempuh batas maksimal cetaknya sehingga ketika kamu mecetak full halaman yang keluar hanya sebagian saja.

  1. Mengetahui Melalui Nozlle Check

Salah satu sistem tambahan untuk mengetahui kondisi cetak suatu printer adalah melalui nozzle check. Kamu akan menemukan sistem ini disetiap printer agar bisa menggunakan untuk mengecek kerusakan atau kualitas cetakan printer tersebut.

Kegunaan fitur ini bisa melihat kualitas hasil cetak cartridge. Ketika hasil cetak yang keluar tidak sempurna menandakan bahwa cartridge kamu sedang mengalami masalah. Masalah ini timbul biasanya karena printer yang jarang digunakan. Sehingga mengakibatkan mengeringnya tinta karena debu atau kotoran. Bisa juga desebabkan karena adanaya penggumpalan tinta atau masalah lainnya.

Demikanlah tanda-tanda kerusakan pada cartridge yang dapat kamu deteksi agar masalah ini dapat diperbaiki dan masalah yang timbul akan terminimakisir dengan cepat dan baik.

Baiklah sobat-sobat dimanapun kamu berada semoga artikel ini membuka wawasan kamu tentang pentingnya mengenal cartridge secara baik dan benar agar pekerjaanmu dapat terselesaikan dengan lebih baik. Keraguan dan kepanikan saat bekerja tentu akan dapat dihilangkan. Bahkan kamu juga bisa memperbaikinya sendiri dirumahmu jika ada masalah pada cartridge mu.

Oke reader

Byebye reader semua, salam teknologi!!!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *