Project 1

Kabar Gembira, BLT Anak Tahap II Tahun 2021 Bakal Cair. Cek Segera Disini!

OSDAILY- Setelah tahap awal penyaluran selesai, Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) periode kedua kepada anak yang masih bersekolah.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, Kementerian Sosial sedang fokus pada periode kedua pelaksanaan PKH, termasuk BLT bagi remaja yang masih bersekolah, yang akan dialokasikan sebelum akhir Maret 2021.

Baca Juga: ALHAMDULILLAH, Kabar Gembira Bagi Siswa Sekolah! Pemerintah Bakal Membagikan Dana BLT, Silahkan Baca Cara Dan Syarat Pendaftarannya Berikut Ini!

BLT Anak Sekolah artinya membantu KPM yang memiliki anak-anak yang masih duduk di bangku SD hingga SMP untuk mendapatkan tempat konseling yang memuaskan.

BLT ini ditawarkan kepada anak-anak muda yang dikenang akan bantuan Program Keluarga Penerima Manfaat (PKH) yang tercatat dalam Data Peduli Sosial Terpadu (DTKS). Untuk melihat daftar di DTKS, Anda dapat mengunjungi https://dtks.kemensos.go.id/.

Baca Juga: Kemensos Bagikan BLT PKH Ibu Hamil & Balita 6 Juta Rupiah, Begini Cara Mendapatkannya…

Program BLT akan disalurkan kepada anak sekolah pada tahun 2021 sebesar Rp. 3,4 juta untuk setiap anak muda mendapatkannya. Rincian persis siswa SD / MI / Setingkat adalah Rp 900.000 setiap tahun atau Rp75.000 setiap bulan,  SMP/MTS/Setingkat Rp1.5 juta setiap tahun atau Rp125.000 setiap bulan dan SMA/SMK/MA Rp2.000.000  setiap tahun atau Rp166.000 setiap bulan.

Baca Juga: Info BLT Terbaru: Berikut Daftar Yang Berhak Penerima PKH Tahun 2021

Bantuan BLT untuk anak sekolah akan dibagi menjadi 4 fase selama satu tahun, mulai Januari hingga Desember 2021. Detail halus akan diberikan, fase utama pada Januari 2021, fase kedua pada April 2021, fase ketiga pada Juli 2021 dan fase keempat. fase di bulan Oktober. 2021.

Baca Juga: Kuota Gratis Kemendikbud 2021, Begini Cara Mendapatkannya….

Ketentuan dan cara mendaftara;

Bagi yang ingin mendapatkan BLT untuk anak sekolah harus mendaftar terlebih dahulu sebagai individu yang terdaftar di KPM PKH DTKS Kementerian Sosial.

Baca Juga: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Hal-hal penting untuk mendapatkan BLT untuk anak sekolah:

  • Tergolong kedalam keluarga miskin
  • Bukan Pegawai Negeri Sipil (ASN), TNI, Polri.
  • Tercatat dalam Data Terpadu Keluarga Peduli (DTKS) yang berisi sebagian pelatihan bagi keluarga dengan balita yang masih bersekolah di sekolah / SD, sekolah pusat / sederajat, dan SMA / sederajat.
  • Dana BLT tersebut dapat dikumpulkan di beberapa bank milik negara, seperti Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Baca Juga: Ada Bantuan Sosial Tunai Rp. 500Rb Dari Pemerintah Untuk Yang Tidak Mendapatkan PKH. Simak caranya Di Sini

Petunjuk pendaftaran peserta PKH di DTKS Kemensos

  • Pendaftaran diselesaikan dengan pendaftaran di kantor pemerintah terdekat tempat Anda tinggal di RT / RW atau kelurahan / kelurahan.
  • Jika Anda mendaftarkan diri , Anda akan menerima pesan peringatan yang berisi teknis pendaftaran  di lokasi yang sesuai.

Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Gratis Rp. 3,5 Juta Dari Kementrian Sosial. Daftar Segera..

  • Pada tahap ini masukkan data tambahan misalnya KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK) dan kode keluarga unik yang ada pada data terintegrasi.
  • Informasi yang dimasukkan pada tahap ini akan diurus oleh HIMBARA, kantor dan walikota / kantor perwalian.

Baca Juga: BRI Kembali Menyalurkan Dana Bantuan PIP Bagi Anak Sekolah, Cek Besarannya Berikut Ini..

  • Setelah membuahkan hasil, Anda akan ditransfer ke saldo keuangan dan akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Data informasi DTKS dapat dilihat di website DTKS atau melalui SIKS-Dataku.

 

Baca Juga   Kabar Baik! Bantuan UMKM Modal Usaha Sebesar Rp 3,5 juta Masih Dilanjutkan. Penuhi Syarat Berikut Agar Lolos

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *