kuota internet gratis
kuota internet gratis

Kuota Internet Gratis 15 GB dari Kemendikbud 2021, Begini Cara Mendapatkannya….

OSDAILY- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak Kamis (11/3/2021) bulan lalu telah membagikan Kuota Internet Gratis. Selain itu, pembagian bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud ini akan dilakukan pada tanggal 11 sampai 15 secara terus menerus. 

Pembagian Kuota Internet Gratis Kemendikbud ini akan berlangsung selama bulai Maret sampai Mei 2021 Tahun ini. Pembagian bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud ini dilakukan untuk membantu pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh (PJJ). Diketahui sudah satu tahun pandemi Covid 19 melanda dunia termasuk Indonesia.

Baca Juga: Alhamdulillah, Pemerintah Bagikan Kuota Internet Gratis Bulan Maret Sampai Mei 2021 Ini. Segera Cek Disini!

Hal itu berdampak kepada sistem pembelajaran yang dilakukan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka namun akibat pandemi Covid 19 ini membuat pembelajaran dilakukan secara Online. Ini dilakukan demi mengurangi penyebaran Virus Corona atau Covid 19 ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Belum Terima Kuota Internet Gratis Padahal Sudah Daftarkan Nomor Ponsel!

Pembagian kuota internet gratis untuk bulan Maret, April dan Mei 2021 diperkirakan akan berlanjut seperti tahun sebelumnya, khususnya:

  • Untuk siswa tingkat PAUD, skala kuota internet 7 GB diberikan setiap bulan.
  • Siswa sekolah dasar dan menengah (SD, SMP dan SMA) mendapatkan10 GB setiap bulan. 
  • Guru di PAUD mendapatkan kuota internet 12 GB GB 

Baca Juga: BRI Kembali Menyalurkan Dana Bantuan PIP Bagi Anak Sekolah, Cek Besarannya Berikut Ini..

  • Guru SD dan Sekolah Menengah mendapatkan kuota internet 12 GBGB per bulan. 
  • Dosen dan mahasiswa, kuota internet 15 GB setiap bulan.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Siswa Sekolah! Pemerintah Bakal Membagikan Dana BLT, Silahkan Baca Cara Dan Syarat Pendaftarannya Berikut Ini!

Memanfaatkan jumlah data yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat digunakan untuk mengakses semua halaman dan aplikasi, kecuali yang dicegat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca Juga: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Ringkasan pengecualian untuk aplikasi yang dinonaktifkan dapat ditemukan di situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk jumlah informasi situs yang sebenarnya: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Demikian pula, panel Informasi situs tidak dapat digunakan untuk mengakses Twitter, Instagram, Facebook, dan Tiktok. Tetapi untuk  situs  YouTube bisa digunakan.

Baca Juga: Hore, BLT Anak Sekolah Sebesar 3,4 Juta. Begini Cara Daftar Dan Persyaratan 

Daftar penerima bantuan yang masuk adalah daftar penerima bantuan:

  • Penerima bantuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menerima jumlah bantuan kuota internet dari kemendikbud pada periode November hingga Desember 2020 dan dipastikan hanya nomor ponsel yang aktif saja.

Bagi mereka yang sudah mendapat bantuan dari Kuota Internet ini tidak perlu lagi menggunggah SPTJM lagi untuk pembagian saat ini.

Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Gratis Rp. 3,5 Juta Dari Kementrian Sosial. Daftar Segera..

Prasyarat Penerima Manfaat Kebutuhan untuk membantu penerima Kuota Internet Gratis  diatur oleh Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2021 tentang Pedoman Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Data Internet 2021.

Berikut ini adalah Syarat Penerimaan Bantuan Kuota Internet Gratis Tahun 2021:

  • Siswa PAUD / Dikdasmen yang terdaftar di Data Pendidikan Dasar (Dapodik) dan memiliki nomor HP yang berfungsi untuk dirinya / orang tua / keluarga / wali.
  • Pendidik PAUD / Dikdasmen terdaftar di Dapodik dan memiliki nomor ponsel efektif.

Baca Juga: BRI Kembali Menyalurkan Dana Bantuan PIP Bagi Anak Sekolah, Cek Besarannya Berikut Ini..

  • Mahasiswa yang terdaftar di Database Pendidikan Tinggi (PDDikti) sebagai Mahasiswayang dinamis atau menyelesaikan gelar ganda. Memiliki nomor ponsel aktif dan Kartu Rencana Studi semester berjalan.
  • Dosen yang terdaftar di PDDikti sebagai Dosen dinamis memiliki nomor rekrutmen seperti Nomor Induk Instruktur Nasional (NIDN), Nomor Induk Instruktur Khusus (NIDK) atau Nomor Seri Guru (NUP) dan memiliki nomor ponsel aktif.

Baca Juga: Cair Lagi Bantuan PKH Rp. 3 Jutaan. Begini Caranya

Untuk mendampingi para penerima bantuan pada periode November hingga Desember 2020, pimpinan unit diklat tidak perlu mengirimkan lagi surat tugas tertinggi (SPTJM). Sementara itu, jika nomor telepon sudah berubah atau belum menerima bantuan kuantitatif sebelumnya, penerima bantuan yang dituju pada tahap itu harus menanggapi pimpinan satuan pengajar sebelum April 2021, untuk besaran bantuan tersebut.

Baca Juga: Info BLT Terbaru: Berikut Daftar Yang Berhak Penerima PKH Tahun 2021

Bagi pengunjung atau pengelola satuan pendidikan yang nomor selulernya berubah atau nomor baru dapat mengirimkan SPT JM melalui laman vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, Diklat Dasar dan Pendidikan Opsional) dan pddikti.kemdikbud.go.id (untuk pendidikan lanjutan).

Penerima bantuan kuantitas akan mendapatkan peringatan melalui SMS dari administrator . Selain itu, bantuan standar juga dapat diverifikasi dengan aplikasi admin yang ditentukan.

Baca Juga : BRI Kembali Menyalurkan Dana Bantuan PIP Bagi Anak Sekolah, Cek Besarannya Berikut Ini..

Untuk mencek apakah paket kuota interner gratisnya sudah masuk atau belum bisa dicek melalui

  • Pelanggan Telkomsel: bisa menghubungi *363#
  • Sedangkan Pelanggan XL: bisa menghubungi * 123 #, kemudian pilih 7. Informasi> Pilih 1. Info Kartu XL Saya> Pilih 6. Info paket> Pilih 3. paket belajar. Anda juga dapat menghubungi * 123 * 7 * 1 * 6 * 3 #. 

6 comments

  1. Avatar of Riswan suryana
    Riswan suryana

    Kapan dapat kuota gratis lagi?

  2. Avatar of Nadia junika

    Saya membutuh kan nya untuk belajar

  3. Avatar of ARGO ERLANGGA

    MINTA KUOTA BLAJAR 50GB

  4. Avatar of Wa Risa

    Saya membutuhkan paket gratis untuk belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *