roeo 16 2

Cara Penggunaan WhatsApp Business Agar Bisnis Bisa Sukses

OSDAILY- Nah, Artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu WhatsApp Business. Sekarang Osdaily akan membahas tentang cara penggunaan WhatsApp Business untuk berjualan.

Baca Juga: Apa Itu WhatsApp Business? Bisa Jadi Solusi Untuk Berjualan!

Berikut cara membuat akun WhatsApp Business:

WhatsApp Image 2021 03 23 at 19.42.15
Foto: Osdaily

1. Unduh WhatsApp Business

Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Business dari Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Silahkan Masukkan nomor telepon

Setelah mengirimkan aplikasi WhatsApp Business, Anda harus menggunakan nomor ponsel Anda. Hal yang membantu adalah menggunakan nomor ponsel kantor untuk membuat reaksi konfirmasi lebih sederhana. Selain itu, jumlah yang luar biasa juga mencegah Anda menimbulkan masalah pribadi dan bisnis.

Baca Usaha: Begini Cara Menambahkan Follower Instagram Dengan Cepat

3. Lengkapi profil WhatsApp Business Anda

Untuk melakukan ini, ketuk pada menu Pengaturan⇒Pengaturan Bisnis⇒ Profil. Pastikan data yang Anda masukkan akurat dan sesuai dengan detail  bisnis Anda, misalnya, nama bisnis, alamat, detail kontak, email, dan lokasi Anda.

4. Setting menu balasan otomatis

Ketik SettingsBusiness Settings ⇒ pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

Pada titik ini, Anda dapat mengatur konten pesan balasan otomatis. Anda juga dapat mengatur kapan pesan akan dikirim, kapan saja atau pada waktu tertentu.

Baca Juga: Bagi Pengguna Instagram Masih Remaja Akan Dilindungi Menerima DM Dari Orang Tak Dikenal

Fitur Khusus WhatsApp Business

 WhatsApp Business tidaklah sama dengan WhatsApp Messenger. Ada fitur yang tidak Anda temukan di WhatsApp Messenger dilansir dari niagahoster.co.id (Selasa,23/023/2021), Seperti:

1. Nama akun pengguna

Di WhatsApp Messenger, Anda dapat mengubah nama akun Anda secara sukarela kapan saja. Anda bahkan dapat memasukkan emoji atau huruf apa pun atas nama akun kurir WhatsApp Anda.

Baca Juga: Ternyata Google Play Music Sudah Tidak Tersedia, Pindahkan Data Anda Ke YouTube Music Lagi Di Android dan iOS

Oya, di WhatsApp Business, ada beberapa syarat untuk membuat nama akun bisnis yang harus dipatuhi. Ini termasuk pengaturan yang menyertai.

  • Nama bisnis tidak boleh ditulis dengan huruf kapital. Selain akronim, hanya huruf utama dari kata yang dapat digunakan huruf kapital.

Berikut penjelasan konfigurasi nama akun bisnis yang benar dan salah:

Benar: Sepatu Olahraga Wanita dan Pria Toko Putri

Salah: Sepatu olahraga wanita dan pria TOKO PUTRI

  • Tidak boleh menggunakan spasi tambahan di antara kata-kata. Jika nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, pemisah kata hanya berupa spasi.
  • Jangan tambahkan tanda baca.
  • Jangan gunakan emoji, gambar, dan karakter unik apa pun (~! @ # $% ^^ dan * () _ + :; {} [] /? ”,. <>)
  • Jangan tambahkan karakter non-alfanumerik (karakter yang bukan angka atau huruf).
  • Menulis branding WhatsApp secara efektif. Bukan WhatsApp, aplikasi apa, WhatsApp, atau semacamnya.
  • Selain itu, nama bisnis Anda tidak boleh terdiri dari:
    1. Nama lengkap individu
    2. Kondisi Umum (seperti: Pakaian)
    3. Wilayah geografis umum (seperti: Jakarta)
    4. Kurang dari tiga karakter

Persyaratan ini harus terus berlanjut hingga catatan bisnis Anda terdaftar sebagai “Akun Bisnis Resmi”. Jika Anda mengubah nama bisnis, hampir pasti Anda akan kehilangan status “Akun Bisnis Resmi”.

Baca Juga: Baru-Baru Ini Google Memperbarui Aplikasi Di iOS

2. Profil

Profil di WhatsApp Business berisi data bisnis Anda. Dimulai dengan nama, alamat, kategori, fotokopi, email, dan lokasi.

. Berikut cara mengubah profil bisnis Anda.

  • Buka WhatsApp Business⇒ Klik Opsi Lainnya atau⇒ Setelan⇒ Nama Bisnis Anda
  • Setelah Selesai Mengisi Nama Bisnis dan Mengedit Klik⇒Simpan.

Di profil akun bisnis, Anda juga dapat menambahkan halaman Facebook dan Instagram. Cobalah untuk memasukan URL salah satu struktur atau bagian situs.

3. Pesan yang diprogram otomatis

WhatsApp Business menyediakan tiga fitur jawaban terprogram yang tidak dapat diakses di WhatsApp Messenger. Ketiga poin tersebut adalah sebagai berikut.

Pesan Jauh adalah respons pesan terprogram yang mencakup saat ada pesan mendekati pelanggan di luar jam kerja atau saat bisnis tidak berjalan. Anda dapat mengumpulkan tanggapan ke pesan yang diprogram seperti yang ditunjukkan oleh preferensi Anda.

Hai, pesan adalah jawaban pesan terprogram yang menyertakan Anda dapat mengirimkannya saat pelanggan menghubungi Anda untuk pertama kalinya.

Respon cepat. Komponen ini memungkinkan Anda untuk mengirim teks jawaban ke hal-hal yang biasanya mendapatkan informasi dari pelanggan Anda. Sederhana saja, dua surat jawaban kemungkinan besar klien akan memiliki beberapa informasi tentang bisnis Anda.

Saat pesannya sampai, Anda tinggal menulis gambar “/”, di sini jawaban cepat yang sudah dibuat akan muncul. 

4. Daftar

WhatsApp Business menyediakan menu premium untuk menampilkan item di profil WhatsApp Business Anda. Komponen ini diisi sebagai antarmuka yang berhubungan dengan pelanggan yang dapat dilihat pembeli setelah melihat profil Anda.

Di menu, pembeli melihat gambar barang, selain itu, Anda juga bisa melihat gambar barang dan biayanya.

Cara terbaik untuk menggunakan sorotan Katalog Bisnis WhatsApp adalah dengan membuka menu Pengaturan⇒Pengaturan Bisnis⇒Katalog.

Pada tahap ini, Anda hanya perlu menambahkan foto, bergambar, bergambar, dan harga barang tersebut. Anda juga dapat menambahkan tautan khusus ke elemen-elemen ini. Misalnya, Anda dapat menghubungi toko online Anda. Markup indeks ini dapat menampilkan gambar untuk item hingga 500 foto

5. Statistik pesan

Di WhatsApp Business, Anda dapat memeriksa validasi pesan dan ulasan yang dikirim dan diterima. Komponen ini menghapus pesan yang sebelumnya berlaku.

Untuk memeriksa visibilitas Anda, buka WhatsApp Business> ketuk tombol menu⇒ Setelah⇒Pengaturan Bisnis⇒ Statistik

6. Kategori bisnis

Pada bagian profil WhatsApp Business terdapat menu kategori bisnis. Anda dapat memilih kategori bisnis yang sesuai melalui menu dropdown terdaftar. Namun, jika skor bisnis Anda tidak ada dalam tampilan peringkat bisnis, Anda bisa mendapatkan daftar “lainnya”.

Memiliki kelas bisnis ini dapat memudahkan pelanggan menemukan bisnis yang Anda jalankan. Anda tidak akan menemukan item ini di WhatsApp Messenger.

7. Tandai

Diskriminasi nama adalah komponen percakapan kelompok yang bergantung pada tindakan tertentu. Pesan-pesan yang masuk di WhatsApp Business sudah terkumpul antara lain prospek, pesan baru, menunggu untuk dipasang, pesan yang bisa Anda hapus atau tambahkan nama sesuai keinginan Anda.

Dengan komponen ini, Anda dapat mempelajari tentang percakapan yang tidak dikreditkan atau tidak terputus. Anda juga bisa mengikuti pelanggan yang belum membayar dengan mencicil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *