ltmpt
Portal resmi

UTBK SBMPTN 2021 Dibuka Besok. Begini Syarat dan Cara Daftarnya

OSDAILY- Kabar terbaru untuk siswa SMA/MA/SMK sederajat, Besok Akan dibuka Pendaftaran peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Silahkan ikuti segera sebelum pendaftaran ditutup pada tanggal 1 April 2021.

Syarat dan tata cara pendaftaran akan disampaikan dibawah ini.

Baca Juga: Tips Agar Menghasilkan Gambar Bagus Ditengah Pencahayaan Yang Kurang

Pertama yang harus diingat adalah persyaratan UTBK  untuk mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 yaitu:

  1. Sudag memiliki Akun LTMPT.
  2. Merupakan siswa SMA/MA/SMK/sederajat yang merupakan lulusan tahun 2021 dan harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK yang masih duduk Kelas XII pada tahun 2021 atau yang merupakan siswa Paket C tahun 2021 dengan  maksimal umur  25 tahun (per 1 Juli 2021).
  3. Untuk UTBK 2021  berlaku untuk mengikuti SBMPTN dan Penerimaan di PTN pada tahun 2021.
  4. Lakukan proses pembayaran  UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI terdekat.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Grup Dengan Kapasitas 1.000 Orang Melalui Aplikasi Signal

Cara pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021:

  • Login ke portal LTMPT Buka halaman portal LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id/. Masuk dengan akun LTMPT Anda (email dan kata sandi). Jika email dan kata sandi sudah benar tetapi login tidak juga, ganti karakter dasar email dengan huruf besar. Pilih menu “UTBK-SBMPTN“.
  • Pengisian data lengkap. Lengkapi informasi penting dengan mengisi pas foto, alamt dan nomor telepon. Pada titik ini, isi informasi orangtua/wali. Isi kebutuhan khusus atau disabilitas (jika ada). Jika tidak ada silahkan saja  “Simpan dan Berikutnya”. Pilih sekolah menengah atas seperti yang ditunjukkan untuk jurusan saat ini di SMA / SMK / yang sama. Pilih “Simpan lalu Berikutnya”. Pastikan informasi yang baru diisi sudah benar, pada titik ini centang Konfirmasi, lalu klik “Simpan permanen”.

Baca Juga: Tips Agar Baterai iPhone iOS 14 Tidak Boros

  • Pilih Fokus UTBK Klik menu “Pilih UTBK Pusat”, kemudian klik submenu “Pendaftaran UTBK” untuk memilih tempat lokasi UTBK , kemudian klik “Save” pada saat ini.  Waktu dan hari UTBK akan dicetak secara normal pada kartu ujian anggota. Tunggu 5-10 menit hingga kartu anggota diperoleh, yang dapat diperoleh dari submenu “Riwayat UTBK”. Lakukan pembayaran sesuai yang sudah ditentukan. Periksa status pembayaran. Jika status  sudah terbayar, Anda sudah dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya
  • Memilih Program Studi Pada tahap ini. Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan, khususnya: jika “Pilihan 1” memilih program studi di universitas / institut, maka pada poin ini “Opsi 2” harus memilih program studi di universitas / institut tersebut. Dengan asumsi “Alternatif 1” memilih program studi di Politeknik, “Pilihan 2” harus memilih program studi di Politeknik. Jika keseluruhan program studi yang dipilih berasal dari kumpulan ujian Saintek,  dipilih dari kumpulan Soshum, para anggota mengikuti rapat uji Soshum. Jika program studi dipilih dari kumpulan Saintek dan Soshum, maka anggota akan mengambil ujiancampuran. Anggota SBMPTN 2021 dapat memilih program studi di PTN, PTKIN, dan politeknik negeri mana saja. Perhatikan, tuntutan dalam memilih program studi sebelum membuat keputusan. Untuk mengetahui batasan dan kebutuhan masing-masing PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri pada tahun 2021 dapat dilihat disini. Setelah keputusan PTN dan program studi sudah benar, verifikasi pernyataan “bersedia mengikuti ketentuan UKT jika diterima” . Setelah itu klik “Simpan”.

Baca Juga: Cara Mudah Keluar Dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui Anggota Grup

  • Selanjutnya unggah portofolio. Pada tahap ini, calon anggota akan diberitahu untuk melakukan transfer portofolio jika program studi yang dipilih memang memberikan syarat. Informasi lengkap terkait portofolio dapat dilihat di SINI, pada poin ini, berhati-hatilah di sektor portofolio. Apabila program studi yang dipilih tidak memerlukan portofolio, maka tahapan ini sudah selesai.
  • Konfirmasi dan simpan permanen. Pada titik ini, anggota yang masuk harus memastikan bahwa setiap program studi yang baru dipilih sudah tepat. Centang, jika informasi sudah benar. Pada tahap ini, klik “Simpan Permanen”.

Setalah segala tahapan diatas selesai silahkan Cetak dan simpan kartu peserta UTBK-SBMPTN 2021. Kartu ini harus dibawa saat mengikuti UTBK, dan pada saat registrasi ulang di PTN apabila nantinya Anda diterima.

Silahkan segera daftarkan diri karena bisa saja yang mendaftar banyak dan akibatnya akan susah nantinya melakukan pedaftaran dikarenakan server sibuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *