roeo 15 1

Berikut Cara Membayar Pajak Mobil Secara Online Melalui Ponsel

OSDAILY- Pajak merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia, salah satunya pajak mobil yang harus dibayarkan setiap tahun. Ada jawaban yang bagus untuk individu yang perlu membayar pajak kendaraan mereka selama pandemi Covid-19, tersedia secara online dari ponsel Anda.

Jadi tidak ada alasan kuat untuk pergi ke kantor Samsat terdekat untuk mendaftar dan menunggu untuk membayar biaya pajak kendaraan tahunan Anda. Karena membayar pajak kendaraan mobil secara online adalah jawaban terbaik untuk mengurangi pertemuan dengan banyak individu untuk mencegah tersebarnya virus corona.

BACA JUGA: Cara Termudah Cek NIK Online, Apakah EKTP Sudah Terdaftar?

Pada kesempatan seperti itu, sangat nyaman jika kita memanfaatkan penggunaan kemajuan dan kecanggihan teknologi, misalnya pembayaran biaya pajak mobil secara online dari ponsel, hal ini tidaklah sulit. Ada beberapa prasyarat yang harus Anda rencanakan jika ingin mencoba strategi ini, antara lain:

BACA JUGA: Begini Cara Dan Persyaratan Mendapatkan Akun Instagram Dengan Centang Biru

Ketentuan pembayaran pajak otomatis online:

  1. Situasi dengan kendaraan yang mau dibayar pajaknya tidak dalam situasi blokir kendaraan atau blokir data kepemilikan
  2. Anda harus memiliki nomor HP yang aktif untuk menerima kode pembayaran yang akan dikirimkan
  3. Memiliki nomor rekening tabungan dan kartu ATM di Bank BJB, Bank BNI atau Bank BCA
  4. Hanya berlaku untuk pendaftaran ulang pajak kendaraan bermotor daftar ulang satu tahun
  5. Tidak berlaku jika Anda melakukan pembayaran pajak bersamaan dengan pergantian STNK (5 tahun)
  6. Jangka waktu legalitas kewajiban tersebut kurang dari setengah tahun sejak tanggal jatuh tempo
  7. Pembayaran pajak yang bisa adalah atas kepemilikan perseorangan bukan perusahaan.

BACA JUGA: Cara Paling Mudah Untuk Membuat Stiker WhatsApp di Android dan iPhone

Langkah-langkah untuk membayar pajak mobil secara online:

  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah unduh aplikasi Samsat Online National dari Playstore hanya baru bisa untuk Android
  • Kemudian buka aplikasi Samsat Online Nasional dan klik menu “Pendaftaran” untuk dapat melanjutkan jalur pembayaran biaya online.
  • Setelah mengklik tombol, akan muncul pop-up yang memberitahukan bahwa “Label Persetujuan TBPKP / SKPD dan STNK akan dikirim dari situs yang terdaftar di STNK,”
  • Pilih setuju dan tidak setuju, apabila ingin melanjutkan pembayaran pajak melalui online, silahkan klik tombol setuju.
  • Setelah itu akan muncul struktur yang harus diisi oleh pembayar pajak, yaitu nomor polisi, NIK, 5 nomor terakhir nomor angka, nomor telepon dan email.
  • Sebelum mengklik “Lanjutkan”, pertama-tama pastikan bahwa Anda telah mengisi informasi dengan efektif.
  • Jika informasinya benar, maka akan ditampilkan informasi yang akan dibayarkan pajaknya dan besaran pajak yang harus dibayarkan.
  • Kemudian Anda hanya perlu menekan tombol “Setuju” untuk mendapatkan kode bayar. Kode bayar digunakan sebagai kodepembayaran kepada alat pembayaran elektronik yang telah bekerjasama.
  • Jika sudah ada kode bayar, maka Anda harus pada tahap ini cukup membayar menggunakan ATM atau multi guna banking. Hal yang perlu diingat adalah kode bayar berlaku selama 2 jam
  • Setelah melakukan pembayaran, E-TBPKP akan dikirimkan ke pemilik dari Samsat yang sah selama 30 hari terhitung sejak hari pembayaran.
  • Dalam waktu 30 hari, pemilik harus datang ke Samsat untuk menyetujui STNK dan memesan E-TBPKP atau bukti bayar pertama berbasis TBPKP / SKPD.
  • Karena itu, Anda perlu pergi ke kantor Samsat, tetapi hanya menyetujui STNK dan memesan TBPKP / SKPD terlebih dahulu berdasarkan E-TBPKP atau kuitansi angsuran. Tidak ada alasan kuat untuk mengantre lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *