roeo 6 1
Foto Hanya Ilustrasi

BLT Untuk Ibu Hamil Dilanjutkan Kembali, Silahkan Dicek Skema Penyalurannya..

OSDAILY-Tahun ini, Pemerintah telah merencanakan untuk memberikan beberapa bantuan sosial ke jaringan yang memenuhi syarat. Berbeda dengan tahun lalu, beberapa bantuan sosial diberikan tahun ini.

Salah satunya adalah bantuan PKH. Transfer kekuasaan masyarakat melalui bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial (Kemensos) ke Program Keluarga Harapan (PKH). Penjelasan dibalik pemberian PKH ini untuk memudahkan masyarakat yang terkena pandemi Covid-19 untuk menurunkan berat badan akibat wabah tersebut.

BACA JUGA: Berikut Syarat Serta Cara Mendaftar Penerima Bantuan Modal Usaha Dari Kementerian Sosial Rp.3,5Jt 

PKH diberikan dalam berbagai kelompok mulai dari (ibu hamil, remaja, penyandang disabilitas, dll.)

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), sejauh ini ada 10 juta rumah tangga, kata Kepala PFM Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama.

Berikut gambaran jelas bantuan yang diberikan dalam PKH:

  • Wanita hamil dan remaja menerima 3 juta rupiah setiap tahun
  • Penyandang disabilitas dan orang yang lebih mapan (> 70 tahun) menerima Rp 2,4 juta
  • Per siswa sekolah dasar selama satu tahun / bandingkan dengan Rp 900.000 setiap tahun.
  • SMA  Rp. 1,5 juta per tahun siswa sekolah menengah / Rp. 2 juta setiap tahun

Baca Juga: Program Kartu Pra Kerja Gelombang 12 Akan Kembali Dibuka, Silahkan Cek Persyaratanya Disini….

Bantuan diberikan untuk tahapan pendampingan sepanjang tahun 2021,yaitu:

  1. Januari April Juli dan Oktober.
  2. Untuk bulan Januari telah dibayarkan Besaran Bantuan Sosial PKH yang meliputi BLT untuk ibu hamil dan remaja, terhitung mulai 4 Januari 2021 kemarin.
  3. Bantuan pada tahap ini akan dialokasikan langsung kepada penerima melalui bank yang akan diingat oleh Asosiasi Bank Negara. (Himbara, misalnya BRI).

Baca Juga: Simak Cara Mencek Dan Langkah Pencairan Dana Bantuan Indonesia Pintar (PIP) Berikut Ini

Berkenaan dengan syarat dan ketentuan, khususnya:

  1. Jika dalam satu keluarga terdapat ibu hamil, pelajar, lansia, atau penyandang disabilitas, pada tahap ini bantuan dibatasi hingga 4 penerima dalam satu keluarga.
  2. Kemudian, jika terdapat banyak anak dalam keluarga dengan kelompok umur yang berbeda, pada titik inilah remaja akan memulai sesuatu.Detail halus langkah pendampingan Sementara itu, Kepala Subdirektorat dan Stasiun Sertifikasi Kementerian Sosial Slamet Santoso mengatakan, besaran evaluasi bantuan berfluktuasi terkait dengan klasifikasi anggota keluarga penerima PKH.

Baca Juga: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Berikut cara mendapatkan BLT untuk ibu hamil sesuai dengan kondisi yang menyertai:

Penerima harus memiliki kartu perlindungan sosial jika tidak memiliki KPS, dan dapat mengajukan ke RT / RW terlebih dahulu kemudian mengirimkannya ke kelurahan. Petugas Bansos Pemerintah Kabupaten setelah menyelesaikan metode dapat memperoleh kartu PKH dan menerima manfaatnya sesuai dengan rencana yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga : BRI Kembali Menyalurkan Dana Bantuan PIP Bagi Anak Sekolah, Cek Besarannya Berikut Ini..

Pemerintah tahun ini telah merancang beberapa bantuan sosial yang akan diberarakan kepada masyarakat. Berbeda dengan tahun lalu tahun ini hanya ada beberapa bantuan sosial yang inovatif.

Baca Juga: Begini Cara Daftar Dan Persyaratan BLT Anak Sekolah Sebesar 3,5 Juta

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH). Alasan memberikan PKH adalah untuk memudahkan individu yang terkena pandemi Covid-19 untuk mengurangi berat badan yang diakibatkan karena pandemi.

Baca Juga: Cara Dan Syarat BLT UMKM Senilai 2,4 Juta Rupiah Tahun 2021

Untuk Wanita hamil dibatasi untuk (2) kehamilan dalam keluarga PKH. Usianya batasan dari 2 (dua) remaja PKH SD / remaja yang tidak dapat dibedakan, anak yang paling mapan dalam keluarga PKH dari siswa yang lebih muda / anak paling luar biasa adalah satu anak dalam keluarga PKH SMA / anak yang paling berpengalaman dalam keluarga PKH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *