roeo 5
Foto Hanya Ilustrasi

Program Kartu Pra Kerja Gelombang 12 Akan Kembali Dibuka, Silahkan Cek Persyaratanya Disini….

OSDailyProgram Kartu Pra Kerja tahun 2020 sudah berakhir. Tahun yang lalu, program ini berjalan hingga gelombang 11. Program ini yang awalnya direncakan sampai gelombang 30 akhir berhenti pada gelombang 11. Hal itu dikarenakan banyak peminat yang ikut mendaftarkan diri. Sehingga kuota penuh meski gelombangnya masih gelombang 11.

Baca Juga: Ada 7 Program Bantuan Pemerintah Untuk Rakyat Di Tahun 2021 Ini, Cek Cara Daftar Di Sini…

Program Kartu Pra Kerja adalah program yang berpusat pada pencari kerja, buruh atau buruh yang di-PHK, dan / atau buruh yang kurang beruntung karena Covid 19.

Pada tahun ini, program ini kembali dilanjutkan dengan gelombang 12. Sampai saat ini masih banyak peminat yang ingin medaftar kembali dikarenakan sebelumnya mereka tidak lolos.

BACA JUGA: Berikut Syarat Serta Cara Mendaftar Penerima Bantuan Modal Usaha Dari Kementerian Sosial Rp.3,5Jt 

Penerima Bantuan Pra-Kerja yang telah lulus  akan diberikan Rp 1.000.000 untuk pelatihan. Ini dilakukan untuk membantu kapasitas. Selain itu, 2.550.000 juga diberikan sebagai pendorong bagi orang-orang yang lulus dan menyelesaikan pelatihan.

BACA JUGA: Simak Cara Mencek Dan Langkah Pencairan Dana Bantuan Indonesia Pintar (PIP) Berikut Ini

Pelatihan dimaksudkan untuk menambah keterampilan dan meningkatkan sumber daya manusia. Agar masyarakat memiliki keterampilan yang bisa menunjang ekonomi sendiri.

Program kartu pra-kerja dapat mewajibkan beberapa pekerja yang ingin menambahkan keterampilan yang berbeda.

BACA JUGA: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Head of Communication PMO , Louisa Tahutu, mengklarifikasi bahwa berdasarkan Perpres 76/2020 dan Permenko 11/2020, program Kartu Pra Kerja dapat dinikmati oleh seluruh penduduk Indonesia yang lebih dari Berusia 18 tahun dan belum mengikuti pelatihan formal, perwakilan dan buruh, yang membutuhkan peningkatan kapasitas untuk bekerja, dengan kebutuhan diberikan kepada mereka yang terpengaruh oleh pandemi covid 19 dan tidak mendapatkan bantuan sosial selama pandemi covid 19.

Permenko mengatur daftar pelarangan yang melibatkan pejabat negara, perintis dan individu dari DPRD, ASN / TNI / POLRI, kepala kota dan pemerintah kota, kepala / pejabat / jajaran BUMN atau BUMD, yang mendapat bantuan sosial dari Kementerian. Sosial, “Dalam diskusi One, Kamis (11/2/2021).

BACA JUGA: Gagal Dapat Bantuan Sosial Tahun 2020? Pemerintah Kembali Memberikan Bantuan Sosial Tahun 2021 Ini. Jangan Sampai Tidak Kebagian Lagi. Simak Apa Saja…

Pemerintah kini telah melaksanakan program pra-kartu sampai gelombang 11 menjelang akhir tahun 2020. Dengan antusias masyarakat mengikutinya maka kuota untuk tahun 2020 berakhir. Kemudian, pada pertengahan tahun 2021, Pemerintah bermaksud untuk membuka pendaftaran kartu pra-kerja gelombang 12.

Bagi yang ingin mendaftar silahkan cek cara pendaftaran, sebagai berikut:

BACA JUGA: BLT Untuk Ibu Hamil Dilanjutkan Kembali, Silahkan Dicek Skema Penyalurannya..

  • Buka halaman www.prakerja.go.id
  • Siapkan Nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda, masukkan informasi Anda, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan langkah konfirmasi pencatatan.
  • Persiapkan bahan tulisan untuk mengikuti tes inspirasi online dan kemampuan penting.
  • Klik ‘Gabung’ pada daftar pra-kerja yang sekarang terbuka
  • Menunggu pernyataan konsekuensi dari pemilihan anggota yang lolos rundown Kartu Pra-Kerja Angkatan 12.

BACA JUGA: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Sebelum mendaftar, silahkan pastikan cara berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia lebih dari 18 tahun.
  • Anda tidak sedang bersekolah atau bersekolah.

Bantuan Yang  didapat adalah sebesar Rp 3,55 juta, dengan rincian adalah  Rp 600.000 untuk yang lolos atau sudah menyelesaikan pelatihan yang diambil di tempat pelatihan yang telah disediakan atau yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak terkait secara selama 4 bulan dan dana Rp 1 juta untuk membeli pelatihan di tempat yang sudah disediakan, Rp 150.000 sebagai insentif pengisian angket sebanyak 50 ribu  selama 3 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *