15
Foto Hanya Ilustrasi

Simak Cara Mencek Dan Langkah Pencairan Dana Bantuan Indonesia Pintar (PIP) Berikut Ini

OSDailyProgram Indonesia Pintar berarti membantu anak sekolah yang memiliki ekonomi lemah untuk terus bersekolah tanpa ada kendala keuangan.

Sasaran Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar adalah siswa SD / MI hingga SMA / SMK / MA seperti pelatihan informal (Paket A hingga Paket C seperti kursus biasa).

BACA JUGA:Cara Dan Syarat BLT UMKM Senilai 2,4 Juta Rupiah Tahun 2021

Setiap penerima Bantuan Program Indonesia Pintar Siswa SMA / SMK / MA / Paket C akan mendapatkan Rp 1 juta setiap tahun. Bantuan akan dialokasikan untuk Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Osdaily melansir dari laman indonesiapintar.kemdikbud.go.id PIP oleh Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan wujud bantuan untuk anak-anak usia 6-21 tahun.

BACA JUGA: Bagi Penerima Bantuan PIP 1 Juta Rupiah Silahkan Verifikasi Datanya,, Berikut Caranya…

Bantuan diberikan kepada siswa yang berasal dari keluarga rentan dan tidak mampu yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), anggota Program Keluarga Harapan (PKH), tuna wisma, penyandang disabilitas, dan korban bencana / bencana.

Program Indonesia Pintar diberikan kepada siswa yang memiliki  kartu PIP, siswa dari keluarga miskin / rentan yang tidak mampu, siswa SMK yang mempelajari kemampuan kolektif di bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, perkapalan dan kelautan.

BACA JUGA: Bantuan Modal Usaha GRATIS Rp. 3,5Jt Dari Kementrian Sosial, Cek Cara Daftarnya Di Sini..

Berikut rincian Dana yang diberikan sesuai tingkat pendidikan PIP:

  • Siswa SD / MI / Paket mendapatkan Rp 450.000 setiap tahun.
  • Siswa SMP / MTs / Paket B menerima Rp 750.000 setiap tahun;
  • Siswa SMA / SMK / MA / Paket C mendapat satu juta rupiah setiap tahun.

Berikut Yang Harus Dilakukan Bagi Penerima Bantuan PIP:

  • Pertahankan KIP dan lakukan dengan benar.
  • PIP adalah panduan instruksional. Dana manfaat harus digunakan untuk tujuan penting.
  • Lanjutkan ujian dan masuk kelas (tidak putus sekolah) tanpa lelah, disiplin, dan tekun.

BACA JUGA: BLT Untuk Ibu Hamil Dilanjutkan Kembali, Silahkan Dicek Skema Penyalurannya..

Cara Mencek Penerima Program PIP sebagai berikut:

  • Kunjungi pip.kemdikbud.go.id
  • Pilih menu “Periksa Penerima PIP”
  • Setelah itu, silahkan untuk mengisi NISN, tanggal lahir dan nama ibu di bagian yang ditentukan
  • Selanjutnya, klik “Verifikasi Data”

Berikut beberapa langkah penyaluran bantuan program Indonesia Pintar:

Baca Juga: Anak Sekolah Dapat Bantuan Langsung Tunai Dari Pemerintah Sebesar 3,4 JUTA, Silahkan Baca Cara Dan Syaratnya Disini!

  1. Siswa atau wali melaporkan nomor KIP ke sekolah, Pusat Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), atau Lembaga Pelatihan dan Pelatihan (LKP).
  2. Pada tahap ini, sekolah memasukkan jumlah siswa KIP ke dalam Administrasi Data Pendidikan Dasar (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan berbagai lembaga harus mengajukan langganan ke dinas pendidikan kabupaten.
  3. Help desk terdekat akan mendapatkan informasi proposal dari instansi terkait.
  4. Informasi tersebut akan ditangani lagi oleh mereka untuk konfirmasi tambahan oleh Direktorat Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Dana akan disalurkan jika sudah ada instruksi dari institusi terkait dan akan membuatka rekening bank untuk PIP dan menyalurkan ketika Daftar Penerima PIP dikonfirmasi.
  6. Pihak penyalur  bersama dinas pendidikan terdekat memberikan surat keputusan (SK) kepada penerima bantuan PIP yang diarahkan ke Sekolah / SKB / PKPM / LKP.
  7. Lembaga penyuluhan pada tahap itu akan menjelaskan kepada pengganti atau orang tua bahwa bantuan tersebut layak untuk dibagikan kepada mereka.
  8. Institusi terkait akan membuat surat keterangan tentang penerima PIP.
  9. Para siswa atau orang tua pada tahap ini memegang validasi dan berbagai prasyarat untuk mengumpulkan aset PIP di lembaga terkait.

BACA JUGA: Berikut Syarat Serta Cara Mendaftar Penerima Bantuan Modal Usaha Dari Kementerian Sosial Rp.3,5Jt 

PIP dapat digunakan untuk membantu pengeluaran individu, misalnya, pembelian perlengkapan sekolah / kursus, uang tunai sendiri dan biaya transportasi, biaya sekolah tambahan, dan biaya pengujian bakat.

Bagi penerima bantuan PIP ini bisa melakukan penarikan dapat dilakukan jika pemegang KIP membawa bukti pendukung yang cukup ke bank terdekat yang ditentukan oleh pembuat kebijakan.

BACA JUGA: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Konfigurasi keseluruhan ini dapat disetujui oleh pimpinan / puncak lembaga / penyandang dana sekolah / penyandang dana lembaga.

Bank yang mentransfer dana yang mengucurkan PIP antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Nasional Indonesia (BNI).

Pemegang KIP dengan level SD / SMP / SMK / Paket A / Paket B / Kursus dapat menarik aset PIP di BRI, sedangkan pemegang KIP dengan level SMA / Paket C dapat menariknya di BNI.

Baca Juga: Ada 7 Program Bantuan Pemerintah Untuk Rakyat Di Tahun 2021 Ini, Cek Apa Saja…

Namun, khusus bagi pemegang KIP tingkat SD / SMP, Wali / Wali / Pembina harus menemani mereka saat berkunjung ke bank untuk mencairkan aset.

Selain itu, pemegang KIP melakukan pencatatan jika akan menggunakan dana investasi, kemudian menandatangani penerimaan , dan memperoleh PIP.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *