4 2
Foto Hanya Ilustrasi

Cara Dan Syarat BLT UMKM Senilai 2,4 Juta Rupiah Tahun 2021

OSDAILY-Pemerintah kembali melakukan perpanjangan bantuan UMKM, bantuan ini diberikan bagi pemilik usaha kecil dan menengah yang terdampak krisis ekonomi akibat pandemi Covid 19.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) akan menginisiasi Program Bantuan Keuangan Instan (BLT) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada tahun 2021.

Baca Juga: Ada 7 Program Bantuan Pemerintah Untuk Rakyat Di Tahun 2021 Ini, Cek Cara Daftar Di Sini…

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) kembali mengusulkan perpanjangan program BLT UMKM senilai 2,4 juta rupiah pada tahun 2021.

BLT UMKM diperkenalkan oleh Pemerintah sebagai dorongan untuk mengurangi dampak moneter akibat episode Covid para pelaku korporasi swasta.

BACA JUGA: Berikut Syarat Serta Cara Mendaftar Penerima Bantuan Modal Usaha Dari Kementerian Sosial Rp.3,5Jt 

10
Foto Hanya Ilustrasi

Hanung Harimba Rachman, Deputi Keuangan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) dilansir melalui Kompas.com (Selasa/16-2-2021).  Hanung juga menjelaskan, pihaknya telah mengajukan permohonan kepada Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait perluasan bantuan kepada pelaku UMKM tersebut. “Jelas ekspektasi kita akan berakhir pada awal semester utama,” ujarnya.

Bantuan UMKM BLT ini difokuskan kepada pelaku UMKM yang belum pernah atau mendapatkan bantuan uang muka atau sejenisnya dari bidang keuangan (tidak bankable).

BACA JUGA: BLT Untuk Ibu Hamil Dilanjutkan Kembali, Silahkan Dicek Skema Penyalurannya..

Sementara itu, bagi individu yang sudah mendapat bantuan dan sudah efisien dalam menjalankannya, lanjutkan kami dorong untuk memulai program KUR yang sangat kecil.

Review BLT UMKM Hanung 2020 menjelaskan, dalam rangka evaluasi program BLT UMKM tahun ini, pendampingan yang diberikan kepada pelaku UMKM sudah sangat sukses.

BACA JUGA: Bantuan Modal Usaha GRATIS Rp. 3,5Jt Dari Kementrian Sosial, Cek Cara Daftarnya Di Sini..

Bantuan BLT UMKM telah diusulkan bantuan BLT UMKM untuk tahun berjalan dengan tambahan Rp 2,4 juta per penerima bantuan BLT UMKM, sebagai tambahan modal bagi pelaku UMKM yang terkena Covid-19.

Ada beberapa prasyaratan yang juga harus diperhatikan, yaitu:

  • Warga negara Indonesia dan memiliki nomor NIK sebagaimana ditegaskan dalam surat.
  • Kandidat penerimaan modal dan kredit spekulatif dari perbankan bukan dari individu yang memiliki jabatan sebagai (ASN), TNI / Polri dan BUMN / BUMD.
  • Selain itu, para pelaku UMKM dapat memperkenalkan diri kepada Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kadiskop UKM) di basisnya atau masyarakat perkotaan. Pada saat pendaftaran, UMKM harus membawa arsip yang diperlukan, khususnya: NIK Nama Lengkap Lokasi Perumahan KTP Nomor Telepon Bisnis Jika lingkungan kerja di sekitar rumah unik, maka registrar harus meminta Surat Izin Kerja (SKU) dari pemerintah setempat.

BACA JUGA: Simak Cara Mencek Dan Langkah Pencairan Dana Bantuan Indonesia Pintar (PIP) Berikut Ini

Petunjuk Verifikasi Status Penerima Pelaku UMKM dapat dicek secara online, yaitu:

  • Buka halaman https://eform.bri.co.id/bpum. Berikut
  • Isi nomor KTP Lakukan reaksi konfirmasi dengan memasukkan jawaban akun aritmatika Klik siklus permintaan dan akan muncul peringatan mengenai status Jika penerima bantuan diumumkan, segera ke bank BRI perorangan terdekat.

Siklus pembayaran BPUM atau BLT UMKM harus dimungkinkan dengan melengkapi catatan pernyataan dan / atau kuasa penerima Dana BPUM dan Surat Pernyataan Kewajiban Mutlak (SPTJM). Surat  diserahkan oleh Bank BRI, pendaftar cukup mengisi dan melengkapi informasi yang diperlukan.

BACA JUGA: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Penerima yang telah memiliki catatan BRI dapat membawa berbagai prasyarat seperti buku reksa dana, kartu ATM, dan single persona. Penerima yang tidak memiliki catatan akan mendapatkan buku uang investasi yang dicetak oleh Bank BRI dengan verifikasi atau notifikasi KTP dan SMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *