WhatsApp Image 2021 02 08 at 10.48.59 1 1

Ada 7 Program Bantuan Pemerintah Untuk Rakyat Di Tahun 2021 Ini, Cek Apa Saja…

OSDaily-Bagaimanapun, Pemerintah akan tetap melaksanakan berbagai program bantuan sosial (bansos) yang telah dicabut pada tahun 2020. Kemajuan tersebut untuk mendukung pemulihan ekonomi Nasional. Apapun masalahnya, tidak semua program bantuan sosial akan dimulai pada 2021, sebagian juga ada yang dihentikan Pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan porsi belanja program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021 sudah mencapai Rp. 553,1 triliun. Angka ini bisa meningkat jika momentum perdagangan digabungkan.

Baca Juga: Begini Keputusan Terbaru Pemerintah Mengenai Bantuan Langsung Tunai BPJS Ketenagakerjaan

Pada Rabu, 27 Januari 2021, Dia mengatakan, “Jadi program PEN 2021 memiliki peluang lebih tinggi, 553 triliun rupiah.  Ada potensi mengalami kenaikan jika insentif usaha telah dimasukkan.”

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa insentif usaha di daerah pemungutan pajak tidak disebutkan dalam Rp. 553,1 triliun penugasan sejak pertemuannya sejauh ini  masih dalam proses melakukan estimasi awal yang bergantung pada wajib pajak (WP).

BACA JUGA: Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan, Bagaimana Kabarnya Tahun 2021!

Selanjutnya, ada empat program yang bakal kembali di alokasikan pada tahun 2021 sebesar 553,1 triliun. Program tersebut berupa program kesehatan, perlindungan sosial, program prioritas, serta UMKM dan pembiayaan korporasi.

Baca Juga: Anak Sekolah Dapat Bantuan Langsung Tunai Dari Pemerintah Sebesar 3,4 JUTA, Silahkan Baca Cara Dan Syaratnya Disini!

Berikut Program Kebijakan 2020 Yang di Lanjutkan  Tahun 2021 Ini:

WhatsApp Image 2021 02 08 at 10.48.59 2

Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Gratis Rp. 3,5 Juta Dari Kementrian Sosial. Daftar Segera.

1. Kartu Pra-Kerja

Program Kartu Pra Kerja merupakan program kompetensi tugas dan kemajuan usaha yang berfokus pada pencari kerja, pekerja atau pekerja yang telah dipecat dan / atau pekerja  yang membutuhkan peningkatan efisiensi, termasuk yang berwawasan usaha mikro dan kecil.

Baca Juga: Jangan Kehabisan Bantuan BST 2021 Dari Pemerintah, Terbatas! Cek Caranya Di Sini…

Metode komputerisasi dipilih oleh mal untuk memudahkan pelanggan menemukan, melihat, memilih, dan mengevaluasi pelanggan. Dengan cara ini, elemen dapat terus ditingkatkan, dikembangkan, dan relevan dengannya.

Baca Juga: Cair Lagi Bantuan PKH Rp. 3 Jutaan. Begini Caranya

Bekerja sama dengan pelaku bisnis perorangan, program ini merupakan semacam kemitraan antara Pemerintah dan Swasta dalam melayani masyarakat untuk kemajuan Indonesia.

Baca Juga: Resmi Dilanjutkan Program Kartu Prakerja Gelombang 12 dan Sudah Bisa Bikin Akun, Berikut Caranya

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan adalah program pemberian bantuan sosial yang diberikan kepada Keluarga Miskin (KM) yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima PKH.

Program PKH akan disalurkan sebanyak 3 tahap, tepatnya pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober tahun 2021 ini. Daba ini disalurkan melalui Bank HIMBARA. Program PKH ini menjangkau 10 juta Rumah Tangga Penerima (KPM) dengan rencana belanja mutlak Rp 28,71 triliun.

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Daftar Agar Menerima Program Keluarga Harapan (PKH) 2021

3. BLT Dana Desa

Bantuan Dana Desa (BLT-Dana Desa) adalah bantuan keuangan untuk keluarga tidak berdaya di wilayah sekitar desa yang diperoleh dari Dana Desa untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19. BLT-Dana Desa ini diberikan sebesar Rp 600.000 per bulan untuk setiap keluarga  yang memenuhi persyaratan yang diberikan. Dana ini diberikan dalam jangka waktu 3 (triwulan) dan Rp 300.000 per bulan untuk 3 bulan berikutnya. BLT-Dana Desa dapat mengurangi pajak.

Baca Juga: Ada Bantuan Sosial Tunai Rp. 500Rb Dari Pemerintah Untuk Yang Tidak Mendapatkan PKH. Simak caranya Di Sini

4. Kartu Sembako

Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai adalah bantuan pangan sosial dengan jenis uang non tunai  yang diberikan kepada KPM secara terus menerus melalui alat penilaian elektronik yang secara unik digunakan untuk belanja bahan makanan dari warung / e-warong. Penjual bekerjasama dengan bank.

Baca Juga: BLT Untuk Ibu Hamil Dilanjutkan Kembali, Silahkan Dicek Skema Penyalurannya..

5. Pemotongan Pembayaran Jasa Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah melatih PLN untuk melakukan pengaturan perbaikan energi pada tahun 2021.

Baca Juga: Wajib Untuk Tau Cara dan Syarat Daftar Di dtks.kemensos.go.id Agar Menjadi Penerima Bantuan Bansos 2021

Bantuan ini diberikan berupa, pemotongan energi 100% untuk pelanggan pascabayar untuk keluarga listrik 450 VA, perusahaan 450 VA, dan usaha kecil energi 450 VA.

BACA JUGA: Cek Cara dan Persyaratan Mendapatkan Kuota Internet Gratis Dari Pemerintah Bulan Maret Sampai Mei 2021 Ini

Kedua, pemotongan 50 persen untuk validator pascabayar yang didanai 900 VA. Pelanggan unit keluarga 900 VA menerima diskon 50 persen dari tarif energi untuk pembelian simbolis. Berlaku untuk akun pelanggan pascabayar mulai Januari hingga Maret 2021.

BACA JUGA: Berikut Syarat Serta Cara Mendaftar Penerima Bantuan Modal Usaha Dari Kementerian Sosial

6. Pemberian Subsidi Kuota Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana maju dengan program bantuan internet bagi siswa, siswa, guru, dan guru pada 2021. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ainun Na’im, mengatakan pihaknya adalah sekarang sedang mengusahakan program ini lebih bagus dari tahun lalu.

Baca Juga : BRI Kembali Menyalurkan Dana Bantuan PIP Bagi Anak Sekolah, Cek Besarannya Berikut Ini..

Ainun juga menjelaskan, “Pada tahun 2021, komponen berbagi kuota internet akan tetap diterapkan, dan jelas bahwa kami akan mencoba menanganinya dengan cara yang lebih baik. Oleh karena itu, kami sedang menentukan ukuran dan luasnya.”

Baca Juga: Anak Sekolah Dapat Bantuan Langsung Tunai Dari Pemerintah Sebesar 3,4 JUTA, Silahkan Baca Cara Dan Syaratnya Disini!

Menurut Ainun, bantuan kuota ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mendapat tanggapan positif dari banyak pihak. Ini adalah tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memajukan bantuan kuota.

Baca Juga: Simak Cara Mencek Dan Langkah Pencairan Dana Bantuan Indonesia Pintar (PIP) Berikut Ini

7. Bantuan Sosial Tunai

Pemerintah kembali memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada penduduk terdampak Covid-19 mulai tahun 2021. Apapun masalahnya, dan tidak seperti di tahun lalu, penyelenggaraan bansos pada tahap ini bukan merupakan kebutuhan dasar. tetapi sebagai bantuan sosial-keuangan (BST) dengan nilai Rp 300.000.

Baca Juga: Bantuan Tunai RP 300 Ribu Dicairkan Oleh PT POS Indonesia, Jangan Lupa Baca Cara Dan Persyaratannya Berikut Ini!

Untuk memperoleh data tersebut, penerima bansos yang memenuhi syarat dicatat dalam Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS).

Baca Juga: Cek Disini Cara Daftar BLT UMKM Online Dapatkan Bantuan Modal 2,4 Juta

Secara umum, masyarakat dapat mengunjungi halaman Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) di https://dtks.kemensos.go.id untuk mengeceknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *